Selasa, 28 Maret 2017

Prioritas Dakwah: Melayani Rakyat Miskin



Inti pesan surat Abasa adalah Allah mengingatkan Rasulullah Muhammad saw tentang skala prioritas menjalankan misi dakwah. Bahwa melayani rakyat miskin itu lebih utama daripada memperhatikan para pembesar dan bangsawan karena berharap keimanan mereka.
Hal itu disampaikan KH Sachroji Bisri saat Kajian Tafsir Alquran Berdasarkan Turunnya Wahyu dengan Pendekatan Strategi Taktik di Pesantren Mahasiswa Rausanfikr Surabaya, Sabtu (11 Februari 2017).  Kajian tafsir ini memakai kitab Jalalain karangan Jalaluddin Mahmud Mahaly dan  Jalaluddin Abdurrahman Suyuthi.
Asbabunnuzul surat ini menjelaskan ketika Nabi Muhammad berbincang dengan pembesar Quraisy seperti Utbah bin Rabiah, Walid bin Mughirah, Abbas bin Abdul Muthalib, dan Abu Jahal tiba-tiba masuk Abdullah bin Ummi Makhtum yang buta memotong pembicaraan meminta pengajaran Islam. Wajah Nabi tampak cemberut karena pembicaraannya disela.
Bang Oji, demikian panggilan KH Sachrodji Bisri, menjelaskan, surat ini memang teguran kepada Nabi agar kalau datang rakyat miskin yang sudah jelas keislaman dan keimanannya agar diperhatikan meskipun saat itu ada pertemuan penting dengan para pembesar kafir.
”Ayat-ayat dalam surat ke-80 ini adalah gambaran cara Allah menegur dengan bahasa yang halus,” sambung dia. ”Coba perhatikan ayat pertama ‘abasa wa tawallaa yang artinya dia telah cemberut dan berpaling,” ujar dia.
 Kalimat itu, kata Bang Oji, disampaikan tanpa menyebut domir (subjek) secara langsung. Lantas siapakah yang dimaksud dia yang cemberut itu? Nabi Muhammad. Kenapa Allah tidak langsung menyebut nama nabi saja kalau ingin menegur? ”Itulah gaya bahasa yang dipakai Allah untuk mengingatkan. Meskipun teguran keras tapi tetap disampaikan dengan halus dengan tidak menyebut nama langsung,” sambungnya.
Bang Oji juga menegaskan, meskipun surat ini berisi teguran namun bukan berarti Nabi Muhammad mempunyai kesalahan. ”Ayat itu menegaskan tentang mengutamakan orang muslim yang meminta pengajaran didahulukan daripada memperhatikan pembesar yang tidak jelas komitmennya,” kata dia.
Alquran, sambung dia, sesungguhnya peringatan bagi orang-orang yang mau diingatkan. Biasanya orang cilik dan miskin yang mau mendengar peringatan itu. Pembesar dan orang kaya suka abai dan meremehkan ajaran Islam.
Seperti disampaikan Allah dalam ayat 2, 3 dan 4 bahwa orang buta yang yang datang itu ingin menyucikan dirinya atau mendapat pengajaran yang bermanfaat. Sedangkan orang-orang kaya yang mendapat perhatian namun tetap kafir (ayat 5,6,7). 
Tafsir dari surat ini yang dapat diambil pelajaran adalah skala prioritas pembangunan adalah memperhatikan kesejahteraan rakyat kecil bukan mengutamakan orang kaya. Dalam praktiknya, rakyat miskin yang memiliki militansi dan kesetiaan malah digusur demi memenuhi kenyamanan orang kaya. sgp     

Tidak ada komentar: