Senin, 28 Agustus 2017

Al Qodar: Rancang Strategi



Surat Al Qodar termasuk surat pendek. Hanya enam ayat. Tapi tafsir sejarahnya terus menimbulkan perdebatan. Misalnya ,  ada yang menyebut surat ini Makkiyah. Tapi ada juga yang berkata surat Madaniyah.

Apalagi ketika memahami ayat pertama, inna anzalnaahu fii lailatul qodar.  Artinya, sesungguhnya kami (Allah) menurunkannya (Al Quran) di malam qodar.  Semua ulama sepakat lailatul qodar terjadi di bulan Ramadhan berdasarkan keterangan Al Baqarah : 185.

Tafsir Jalalain menerangkan Al Quran diturunkan Allah melalui malaikat Jibril sekaligus dari lauhil mahfuzh ke langit dunia. Tafsiran ini merujuk kepada tafsir Ibnu Katsir dengan penjelasannya, kemudian Allah menurunkannya secara berangsur-angsur dengan berbagai peristiwa selama 23 tahun kepada Nabi Muhammad SAW. Berarti ayat-ayat Al Quran yang sudah turun dan tersusun dari lauhil mahfuzh itu sudah mengantisipasi berbagai peristiwa yang bakal terjadi selama masa kenabian.

Membahas masalah ini maka masuk ke pembahasan taqdir yang juga terdapat dikotomi jabariyah dan qadariyah. Jabariyah meyakini semua kehidupan diatur sepenuhnya oleh Allah dan manusia tinggal menjalankan. Sementara qadariyah berpendapat kehidupan manusia digerakkan oleh kehendak manusia sendiri dengan mengikuti sunat (aturan) Allah.

Tafsiran yang juga agak susah dipahami adalah wahyu pertama yang diterima Nabi terdiri lima ayat surat Al Alaq diturunkan pada 17 Ramadhan di Mekkah. Peristiwa turunnya wahyu itulah populer dengan sebutan nuzulul quran. Penetapan tanggal itu berdasarkan tafsiran Al Anfal : 41.

Namun dalam hadits, Nabi menganjurkan mencari lailatur qodar  justru pada sepuluh hari terakhir Ramadhan. Lebih khusus lagi malam ganjil yakni tanggal 21, 23, 25, 27, 29. Kenapa tidak  malam 17 Ramadhan sebagai berkah lailatul qodar?

 Bila mengikuti perdebatan tanggal turunnya Al Quran masih banyak sumber lain yang menyebutkan  jatuh pada 18, 21, 24, atau 27 Ramadhan. Lantas bagaimana menyikapi perbedaan ini demi kayakinan pada mencari berkah lailatul qodar?

KH Sachroji Bisri menjelaskan, abaikan perbedaan tanggal turunnya wahyu, dari surat Al Qodar dapat ditarik pelajari untuk merancang strategi kehidupan dalam jangka waktu tertentu. Bisa jangka pendek setahun, lima tahun atau jangka menengah sepuluh tahun atau jangka panjang 25 tahun.

Lailatul qodar itu malam istimewa di mana dunia menjadi sempit karena semua malaikat dan ruh turun membantu urusan manusia mencapai  salaamun hiya hatta matla’il fajr, “ ujar Bang Oji, sapaan Sachrodji Bisri dalam Kajian Tafsir Al Quran Berdasarkan Turunnya Wahyu dengan Pendekatan Strategi Taktik di Pesantren Mahasiswa Rausanfikr Surabaya, Sabtu (11 Maret 2017). 

Dia menjelaskan, makna lailatur qodri khoirummin alfi syahr bahwa satu malam jika strategi direncanakan dengan cermat maka hasilnya sama dengan capaian seribu bulan yakni 84 tahun. Allah memberi kemudahan hidup manusia di malam itu. sgp

Tidak ada komentar: